bendera

Minggu, 19 Mei 2024    05:25 WIB
MEDIA INDONESIA NEWS

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

HEADLINE
 


48 Wartawan Ikuti UKW PWI Sumsel Angkatan 45-46


Hadi,    27 April 2024,    11:57 WIB

48 Wartawan Ikuti UKW PWI Sumsel Angkatan 45-46
48 Wartawan Ikuti UKW PWI Sumsel Angkatan 45-46

Palembang-Mediaindonesianews.com: Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyambut baik dilaksanakannya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumsel, gelombang ke 45 – 46 yang berlangsung di hotel Beston, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Jumat (26/4).


Dalam sambutannya Pj. Gubernur Sumsel yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir Basyaruddin Akhmad MSc saat membuka secara resmi pelaksanaan UKW mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Propinsi Sumsel dan atas nama Pj Gubernur Sumsel menyambut baik ada kegiatan UKW ini.

“Tugas utama jurnalis yakni mengumpulkan informasi yang akurat dan relevan dengan melakukan reset wawancara, observasi dan pencarian data untuk mendapatkan fakta-fakta yang diperlukan dalam pelaporan berita. Selanjutnya berita tersebut akan disebarkan melalui berbagai media baik cetak, online, televisi untuk asumsi masyarakat. Karena itu kami meyakini dengan adanya UKW ini akan mencetak wartawan wartawan yang profesional," katanya

Lebih lanjut dikatakannya, Berita yang benar yaitu mengandung pesan-pesan moral, mampu memberikan pencerahan, berisikan edukasi, spirit, mengandung nilai optimisme.


"Kami yakin untuk mewujudkan itu semua UKW inilah jalannya. Karena itu kami ucapkan selamat, semoga para peserta jurnalis yang lulus mengikuti UKW ini, dapat meneruskan hubungan baik bersama pemerintah. Dan untuk yang belum berhasil lulus, jangan menyerah dan harus mencoba lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Kurnaidi ST, mengungkapkan bahwa kegiatan UKW seperti ini akan dilakukan terus setiap tahunnya.

“Masih banyak teman-teman jurnalis yang diluar sana yang belum mengikuti UKW, maka dari itu para teman-teman yang sekarang mengikuti UKW, sebarkan informasi jika nanti ada lagi kegiatan UKW,” tuturnya.

Ia juga berterima kasih kepada pengurus PWI Pusat yang telah mengadakan kegiatan UKW secara gratis.

“Terakhir, saya mendoakan semoga seluruh peserta UKW lulus semua, dan menjadi jurnalis yang diakui dewan pers,” ujar Kuyung Kutlr, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Direktur UKW PWI Pusat Dr Firdaus Komar Spd MSi, mengatakan bahwa untuk melihat komitmen seorang jurnalis itu dari hasil karya jurnalistiknya.

“Jadi bukan dari sertifikat atau kartu UKW, makanya dalam hal penulisan berita itu harus benar-benar sesuai standar jurnalistik. Kalau tulisannya masih kacau bahasa Indonesianya atau melanggar kode etik, berarti sertifikat UKW yang di dapat diragukan,” jelasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 48 peserta yang merupakan wartawan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, mengikuti ujian UKW yang terdiri dari 1 kelas untuk UKW Utama, 3 kelas UKW Muda dan 4 kelas UKW Madya.

Pembukaan UKW angkatan ke-45 dan 46 itu juga dihadiri Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Rika Efianti SE MM yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Informasi Publik (PIP) Amrullah, Kasi Humas Polrestabes Palembang Kompol Evial Kalza, Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang PKLK Dr Kencana Sari MPd, serta Kasi Bidang Guru dan tenaga kerja Kota Palembang, Drs Maju Simanjuntak. (Hadi)


banner
NASIONAL
img
Sabtu, 18 Mei 2024
PALU - Luapan Rasa Bangga, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE., M.Si Berikan Bantuan uang tunai sebagai Wujud Perhatian dan Kesejahteraan kepada Prajurit Korem 132/Tdl di Kunjungannya pada Rabu
img
Jumat, 17 Mei 2024
BONTANG-mediaindonesianews.com - Untuk meningkatkan kesadaran hukum sejak dini, Kejaksaan Negeri Bontang menggelar acara pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) tingkat Kota Bontang tahun 2024 di Hotel Tiara
img
Jumat, 17 Mei 2024
Bali - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Tactical Floor Game (TFG) terkait rencana pengamanan VVIP pada penyelenggaraan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 tahun 2024, bertempat
img
Kamis, 16 Mei 2024
Jakarta - Irjen TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto membuka Simulasi Penerapan Hukum Dalam Operasi Militer Selain Perang yang diselenggarakan Babinkum TNI, bertempat di Lapangan Olah Raga Tri Dharma Eka Karma
img
Kamis, 16 Mei 2024
Doha, Qatar, mediaindonesianews.com  – Setelah berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Qatar, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menemui pemimpin negara Qatar atau Emir Qatar, Yang Mulia Sheikh Tamim bin Hamad
img
Kamis, 16 Mei 2024
Jakarta - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Acara Laporan Korps kenaikan pangkat 75 Perwira Tinggi (Pati) TNI, bertempat di GOR A. Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu

MEDIA INDONESIA NEWS